Colour Theory (Teori Warna)

image

Colour Theory (Teori Warna)


Pernah mendengar 'Colour Theory atau Teori Warna' ?. Ternyata warna juga punya teori loh. Sebagai penikmat/konsumen kadang kita tidak terfikir bagaimana para desainer atau pekerja media lain menyelaraskan warna hingga menjadi enak dipandang. Ternyata mereka gak sembarangan, ada cara khusus menyelaraskan warna. Entah itu untuk referensi atau mencari warna mana yang enak dipandang bersama-sama meski berbeda.

Di dunia ini, ada tiga warna dasar atau warna primer. Yakni Merah, Kuning, dan Biru. Gabungan ketiganya-lah yang kemudian membentuk warna-warna lain, seperti Pink, Ungu, Oranye dan sebagainya. Yang kemudian terus menerus dikembangkan hingga tercipta begitu banyak warna. Agar lebih mudah, warna dar disusun melingkar untuk digandakan dan menciptakan warna lain. Lingkaran warna itu yang lantas disebut Colour Wheel  (gambar atas)


Salah satu contoh karakter yang menggunakan teori warna adalah karakter Joker. Meski Joker digambarkan dengan berbagai warna yang berbeda tapi karakter Joker tetap nyaman untuk dipandang.

Untuk lebih jelas tentang Colour Theory, coba lihat video dibawah ini. Yang akan menambah pengetahuan kamu tentang warna dan bagaimana menyelaraskan mereka.



(Berbagai sumber)


Comments

Popular Posts