Cara Membuat Widget About Me dan Social Media Profile Di Blogspot



Kini banyak sekali orang yang memakai social media, kita biasanya membagikan akun social media kita entah pada client atau kenalan agar kita mudah di hubungi.

Beberapa orang juga menambahkan profile social media mereka di blog, selain agar mudah di hubungi, profile social media di blog membuat semakin keren :).

Ada dua cara yang saya tahu untuk menambahkan profile social media kita di blog dalam bentuk widget.


Kita bisa menggunakan fungsi Halaman blog untuk membuat wigdet profil social media kita maupun untuk membuat abous Me seperti gambar diatas.

Silahkan buat Halaman baru, di tab Halaman di blogger kamu, tambahkan foto dan kata pengantar untuk profile kamu.

Untuk menambahkan social media profile, silahkan gunakan foto icon yang sesuai dengan social media kamu, setelah itu tambahkan url social media kamu, ke foto icon social media yang telah kamu unggah dengan cara tap pada gambar, hinggal muncul pilihan lalu klik tombol link. (lihat gambar)



Setelah selesai menambahkan icon social media berikut linknya,  silahkan klik pada bagian html, lihat gambar, dan copy/salin seluruh kode tersebut.


**Icon social media mudah ditemukan dengan pencarian googile. Ukuran icon bervariasi, saya biasa menggunakan ukuran 32x32 atau 64x64.

Setelah kode di salin, kamu bisa simpan dan tutup halaman tadi, kemudian pilih tab tata letak dan tambahkan gadget, lalu pilih HTML/JavaScript, Paste/tempel kode yang kita salin di kolom tersebut, lalu simpan.

Jika prosesnya sesuai, maka about us dan social media kamu telah berhasil dibuat.

Selain menggunakan Halaman, untuk menambahkan tombol social media kita, kita juga dapat menggunakan kode html langsung. Kode html ada banyak macamnya, tergantung dengan tampilannya, dan mudah di dapatkan dengan menggunakan pencarian google.



Comments

Popular Posts