Cara mengatasi rambut mengembang dengan tepat sasaran dan mudah dilakukan




cara mengatasi rambut mengembang
Ilustrasi rambut mengembang | Merinda "BRAVE" 2012

Rambut mengembang memang menyebalkan sekali untuk wanita. Biasanya kita jadi tidak bisa menggerai rambut panjang kita, karena terlalu megar. Bukannya menawan malah jadi seperti singa. Rambut mengembang juga dapat menyebabkan masalah rambut lainnya, seperti kusam dan bercabang. Sering kita gonta-ganti sampo, menggunakan kondisioner atau vitamin rambut yang instan. Tapi hasilnya masih saja kurang maksimal. Terlihat indah saat masih basah setelah keramas, tapi ketika rambut mulai setengah kering maka akan megar juga. Menggunakan vitamin instan setelah keramas sedikit membantu, tapi rambut akan lengket, mudah kotor dan bau. Lalu?. Kalau kamu tahu penyebab rambut mengembang, mungkin kamu akan tahu bagaimana cara mengatasinya!


Rambut mengembang bisa saja menjadi awal untuk masalah rambut yang lain, seperti rambut menjadi kusam dan bercabang. Menggunakan Sampo dan Kondisioner yang kita percaya dapat mengatasi, ternyata kadang sama sekali tidak membantu. Kenapa?. Karena rambut kita kurang lembab. Kelembaban rambut berasal dari minyak alami yang ada di rambut kita. Jumlah minyak alami yang kurang, akan menjadikan rambut kita mengembang dan terlalu banyak minyak akan membuat rambut kita lepek.

Karena percaya sampo dan kondisioner yang kita pakai dan terpukau oleh keadaan rambut kita saat masih basah, maka akan membuat kita semakin rajin keramas. Belum lagi dengan pemikiran rambut mengembang akan berkurang jika terus disiram air (keramas), pemikiran itu akan membuat kita selalu keramas. Kita bahkan bisa setiap hari keramas, setiap mandi keramas.

Tapi nyatanya, Keramas terlalu sering justru membuat rambut semakin kering dan mengembang, jika terus menerus mungkin akan bercabang. Bahkan meski kita tidak melakukan catok rambut terlalu sering. Itu disebabkan, karena minyak alami dalam rambut kita terus menerus hilang karena terlalu sering keramas. Minyak alami dalam rambut menjadi tidak sempat di produksi di rambut kita.

Kita sering dengar, agar keramas dua hari sekali. Hal itu tidaklah terlalu buruk. Dengan keramas secara teratur dua hari, satu kali. Minyak alami rambut perlahan akan terproduksi di rambut kita. Perlahan rambut kita akan mulai lembab.

Tetap lakukan keramas setiap dua hari:satu kali. Jika tidak terpaksa. Biarkan rambut pelan-pelan memperbaiki dirinya. Juga sebisa mungkin hindari panas matahari berlebih, polusi atau perawatan ekstrem dengan bahan kimia.

Gunakan vitamin rambut secukupnya. Kadang karena terlalu bernafsu untuk membuat rambut jatuh menawan, kita akan begitu mudah percaya iklan. Jadilah, kita percaya semakin banyak menggunakan vitamin akan semakin baik. Mungkin memang baik, tetapi hal itu justru membuat rambut lengket, mudah kotor dan bau. Tentu saja akan membuat kita keramas lagi.


Selain sampo, kondisioner atau vitamin rambut, kita dapat menggunakan masker rambut. Masker rambut efektif untuk mengurangi kerusakan rambut. Masker rambut dapat dilakukan di salon kecantikan, bahkan dirumah. Banyak pilihan masker rambut yang di jual di minimarket.

Jika anda tipe orang yang rajin, tidak suka perawatan kimia, anda dapat membuat masker untuk rambut anda dirumah. Masker alami yang dapat anda buat sendiri seperti Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun.


Anda dapat mencampur minyak zaitu dan minyak kelapa bersamaan atau minyak kelapa dan minyam zaitun saja, secara terpisah. Oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa pada rambut anda secara merata. Pijat-pijat agar nurtrisi dalam minyak menyerap pada rambut anda. Setelah dirasa cukup, tutup rambut anda menggunakan shower cap atau handuk. Diam selama 20 sampai 30 menit. Pastikan minyak kelapa yang anda gunakan adalah minyak kelapa murni.

Bilas rambut anda. Anda dapat menggunakan sampo yang biasa anda gunakan untuk menghilangkan sisa-sisa minyak pada rambut anda. Atau lebih baik di dahului dengan sampo bayi. Setelah itu, anda tidak perlu lagi menggunakan kondisioner. Lakukan masker pada rambut anda secara teratur, sekali setiap minggu.

Setelah tahu penyebab rambut megar mengembang anda akan lebih mudah mengatasinya. Hindari hal-hal yang tidak perlu dan fokus melakukan apa yang anda butuhkan.

Comments

Popular Posts