Daun sirih dan kandungan alaminya yang di percaya sejak dulu


daun sirih hijau merambat yang biasa kita temui

      Kalian tahu daun sirih kan?. Jangan sampai tidak ya, meski kini daun sirih sudah mulai tersingkir dengan berbagai perawatan modern, tetapi manfaat daun sirih tidak akan pudar meski jarang di gunakan.

     Umumnya, dulu kita lihat daun sirih digunakan untuk nginang atau nyirih oleh nenek kita. Mereka menggulung enjet (kapur/ kapur sirih) dan gambir dengan daun sirih lalu mengunyahnya, hingga lama kelamaan mulut mereka memerah. Sampai kadang takut karena mulutnya berubah merah dan ludahnya seperti darah.
   
      Tapi ternyata ritual nginang ini memiliki banyak manfaat. Orang-orang yang suka nginang, memiliki gigi dan gusi lebih sehat. Bukan hanya gigi dan gusi, tetapi mereka memiliki mulut yang sehat.

      Itu karena daun sirih atau nama ilimiahnya "piper betle" memiliki kandungan seskuiterlen, pati, diatase, BetIephenol, gula, zat samak dan kavikol yang dapat membunuh kuman dan menjadi antioksidan.

    Namun dalam proses nginang yang menggunakan Kapur, gambir, pinang juga tembakau ternyata di kaitkan dengan penyakit kangker mulut dan gigi copot. Karena meski sirih memperkuat gigi, namun campuran yang di gunakan untuk nginang dapat merusak gusi dan membuat gigi rentan copot seperti yang saya kutip dari Wikipedia.

    Tidak hanya di gunakan untuk nginang, kandungan daun sirih juga dapat meredakan beberapa gejala di bawah ini:

1. Keputihan
 
Pada dasarnya keputihan yang terjadi pada wanita adalah proses yang alami. Namun kadang beberapa wanita mengalami keputihan yang parah hingga menyebabkan gatal atau terasa panas. Jika merasa menggunakan daun sirih yang telah di proses menjadi sabun sirih yang di jual di pasaran karena mungkin saja menggunakan bahan kimia atau takut tidak cocok, kamu bisa menggunakan daun sirih alami. Caranya cukup mudah, rebus air seckupnya hingga mendidih, masukan beberapa lembar daun sirih rebus selama 3 sampai 5 menit. biar dingin dan gunakan air rebusan daun sirih untuk membasuh vagina

Jangan di lakukan terlalu sering, karena di khawatirkan kandungan dalam air rebusan daun sirih justru membunuh bakteri baik dalam vagina. Lakukan minimal seminggu sekali, hingga terasa lebih baik. Ingat, keputihan adalah proses alami yang tidak bisa sembuh total.

2. Jerawat

Ada seribu satu cara untuk mengatasi masalah jerawat, salah satunya adalah daun sirih. Cara menggunakan daun sirih untuk mengatasi jerawat juga cukup mudah, kamu perlu beberapa lembar daun sirih, remas dan rebus hingga air rebusannya berubah coklat, gunakan air rebusan daun sirih untuk mengompres wajah. Kamu bisa melakukannya sebelum tidur.

3. Gatal-gatal

Air rebusan daun sirih juga dapat meredakan gatal-gatal dikulit. Ambil daun sirih secukupnya dan rebus hingga kecoklatan. Gunakan air rebusan daun sirih untuk mandi, sebaiknya tidak usah pakai sabun lagi agar kandungan dalam rebusan daun sirih menyerap ke dalam kulit dan tidak hilang oleh sabun.

4. Sariawan

Seperti nginang, cara mengobati sariawan dengan daun sirih adalah mengunyahnya. Namun tidak perlu pakai gambir, kapur atau pinang dan tembakau. Cukup daun sirih saja, dan utamakan mengunyab di bagian mulut yang terkena sariawan.

Dan itu beberapa ulasan tentang daun sirih. Daun asli negara kita yang mudah di jumpai dan memiliki banyak manfaat, tapi selalu ingat yaa... jika segala sesuatu yang berlebihan pasti tidaklah baik. Jadi, menggunakan daun sirihpun harus dengan bijak.

   
_______________________________

re dalam berbagai sumber

Comments

Popular Posts