Apa Itu Kamera Mirrorless ?

perbedaan kameran dslr dan mirrorless
[fujifilm.com]

Mengenal Kamera Mirrorless

Kamera Mirrorless adalah jenis kamera yang sedang sangat populer akhir-akhir ini. Kamera Mirrorless dijuluki Kamera jalan tengah. Mudah dibawa seperti Kamera saku tetapi tetap memiki performa sekelas DSLR. Sesuai namanya, Mirrorless, adalah kamera tanpa cermin (Mirror)

Pada Kamera DSLR, cermin dibutuhkan untuk menampilkan gambar di Viewfinder. Nah, kalau di Kamera Mirrorless karena tidak memiliki cermin maka menggunakan sistem Viewfinder Elektronis (kecuali Fijiflm dan Leica yang memiliki Viewfinder optik). Itu kenapa Kamera Mirrorless lebih ringan dan praktis dibanding DSLR.

Meski bentuknya relatif lebih kecil dan praktis dibandingkan DSLR tetapi hasil jepretan dari Kamera Mirrorless tidak kalah bagus dengan Kamera DSLR. Selain itu, Kamera Mirrorless bisa gonta-ganti lensa layaknya kamera Digital SLR. Itulah kenapa Mirrorless sangat populer sekarang, karena kehadirannya menjawab semua kebutuhan. 

Fujifilm, sekarang bisa dibilang merajai pasar Kamera Mirrorless. Seri X dari kamera Mirrorless fujifilm dibanderol hingga harga mencapai 7 juta rupiah. Selain Fujifilm, merk lain yang juga mengeluarkan Kamera mirrorless adalah Samsung, Sony, Pentax juga Nikon dan Canon.

Jadi sudah tahu mau beli Kamera apa ? Kamera saku, DSLR atau Mirrorless?. 

Comments

Popular Posts