Aplikasi penghemat data di Android


Cara menghemat data di Android

Suka kebobolan sama biaya paket data ?. Kebanyakan pengguna smartphone memang begitu. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, informasi, dan hiburan itu semakin membuat kita ikut berpartisipasi menikmatinya. Enak sih, sekarang semuanya serba mudah. Gak perlu takut ketinggalan berita, gak perlu takut ketinggalan acara favorit dan gak perlu takut kalah tenar sama temen :D

Sekarang hampir semua informasi dan hiburan dapat diakses menggunakan internet, sms, telpon bahkan dengerin Radio. Yang tentunya akan menyedot kuota paket data kita dengan jumlah yang signifikan hingga drastis. Bisa gak sih penggunaan paket data dihemat ?

Jelas bisa, tentu dengan menghemat penggunaan juga. Tapi pasti sebagian orang gak akan puas, jadi tetep aja belain beli paket data, malah kadang banyakan jajanin smartphonenya dibanding jajan sendiri. Nah, untuk sedikit membantu menghemat kenalan yuk sama aplikasi OperaMax.

Yap, OperaMax adalah saudara Operamini. Pasti tahu 'kan Operamini? Browser paling ramah di hape hingga kantong (pssst, sampai hari gini saya masih menggunakan Operamini yang versi biasa, bukan Operaweb ya. Lumayan, untuk browsing ringan hingga buka facebook dan twitter. Tahu kan , aplikasi facebook itu ukurannya segede gaban? :D)

Selain browser Operamini yang hemat ukuran hingga data, Opera juga membuat aplikasi penghemat data khusus untuk Android, Yakni OperaMax. Di OperaMax akan memblokir sementara sebuah aplikasi agar tidak menggunakan paket data.

Contoh, karena kuota paket data kita tinggal sedikit, kita ingin menghemat kuota dengan menonaktifkan beberapa aplikasi, di OperaMax kita bisa mengaturnya. OperaMax juga mengoptimalkan penggunaan data kita, memberi peringatan jika seatu aplikasi memakan kuota data terlalu besar , dan memberikan tips-tips. 

Pengalam pribadi saya, operaMax itu lumayan membantu. Saya jadi bisa mengatur data aplikasi seperti saat menggunakan Iphone. Oh dan ya, menggunakan OperaMax itu juga membuat jelajah kita aman lho.Jadi kita tidak perlu memasang Aplikasi vpn lagi. 

Tapi pada akhirnya, menghemat data itu kembali kepada diri sendiri. Mungkin kelihatannya sepele, tapi dengan menghemat data kita juga dapat menghemat pengeluaran kita lho. Jadi selamay mencoba :) 

Comments

Popular Posts