Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli iPhone


Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli iPhone
hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli Iphone second
apple.com

Banyak orang tergoda oleh Iphone, smartphone asal amerika ini memang begitu menyedot perhatian. Selain desainnya yang indah, Iphone juga memiliki banyak fitur pintar. Tak heran banyak orang yang ingin memilikinya.

Di Indonesia sendiri, Apple tidak menjual perangkat Iphone secara langsung di websitenya. Kita harus membeli di toko pihak ketiga yang bekerja sama dengan Apple, salah satunya adalah iBox. Tapi harganya memang tidak semurah toko-toko distributor biasa.

Membeli Iphone adalah perkara gampang-gampang susah. Gampang untuk yang memiliki budget lebih, dan susah untuk yang memiliki budget minim. Nah, karena harganya yang mahal banyak oknum-oknum curang yang memalsukan iPhone. Tidak semuanya ya gaes, masih banyak juga penjual yang benar di luar sana. Tapi kita tetap harus berhati-hati.

Membeli Iphone bekas/second/Refurbish/Distributor memang bisa menjadi alternatif, tapi sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Serial Number dan IMEI

Serial number/nomor seri juga nomor IMEI pada suatu produk akan menunjukan beberapa hal penting tentang produk yang kita beli, seperti Keaslian sebuah produk, tahun, dan Informasi garansi. Tidak hanya Iphone, beberapa smartphone juga menggunakan nomor serial dan IMEI untuk mengecek keaslian produk dan waktu garansi. Untuk mengecek Serial Number dan IMEI Iphone kunjungi  : https://checkcoverage.apple.com/id/in/

Di Apple kita bisa menemukan nomor serial dan IMEI pada :


  • a. Box Iphone  

hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli Iphone second
apple . com
 Box asli Iphone akan menunjukan Serial Number dan IMEI yang asli. Cara ini juga bisa digunakan saat membeli Iphone Distributor atau Refurbish.

b. Slot Sim Card

hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli Iphone second
Iphone 6 - apple . com

hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli Iphone second
Iphone 4 - apple . com
Di slot sim car Iphone yang asli kita juga dapat menemukan nomor IMEI dan Serial Number.

c. back door

hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli Iphone second
Apple . com

Di perangkat asli Iphone, kita juga dapat menemukan serial number dan IMEI pada back door atau tutup belakang Iphone.

Jika masih belum menemukan serial number dan IMEI yang bisa di cek langsung di bagian Check Coverage Apple secara valid, maka cara terakhir ada pada:

  • d. Perangkat


hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli Iphone second
apple . com



Mengecek Serial Number dan IMEI di dalam Pengaturan perangkat Iphone adalah yang paling penting. Karena sparepart luar masih dapat ditiru. Tapi jika nomor serial dan IMEI pada pengaturan perangkat yang tidak valid, maka sudah jelas Iphone yang kita beli, Palsu. Untuk menemukan nomor serial dan IMEI di perangat, masuk ke Pengturan >> Umum >> Tentang.

Jika Iphone kamu asli maka akan muncul detail seperti ini saat kita check coverage :

hal-hal yang harus diperhatikan saat memebli Iphone bekas
foto pribadi
 Yap, itu adalah gambaran jika Iphone yang kita beli asli dengan kondisi dukungan garansi telah berakhir. Untuk pembeli Iphone Refurbish atau Distributor yang menamakan Iphone mereka baru, maka akan tertera juga disini. Garansi hanya akan aktif jika Iphone telah diaktifkan. Jika kamu merasa baru mengaktifkan Iphone namun masa garansi kamu sudah berjalan sebelumnya, maka Iphone kamu bekas. atau telah digunakan sebelumnya.

2. iCloud

Untuk kamu yang ingin membeli Iphone bekas, pastikan jika kamu bisa login ke akun iCloud. Pastikan jika pemilik lama bisa logout dari akunnya. Karena iCloud merupakan kunci dari keamanan Iphone. Pemilik Iphone lama yang tidak bisa Logout dari akun iCloud nya, akan menyusahkan kita di kemudian hari. Memiliki Iphone tanpa bisa masuk ke akun iCloud dengan data pribadi akan terasa punya pacar yang suka sama orang lain :D. Dan gaes, beberapa pengguna Iphone bisa berfikir jelek lho, kalau kamu menanyakan cara membuka iCloud, karena pemilik Iphone pasti tahu akun iCloud nya. Nahm kalau tidak tahu akun iCloudnya berarti?

Tips,
 Keamanan di Iphone itu kejamnya minta maaf. Jadi jangan sepelekan akun iCloud bahkan sampai pertanyaan rahasianya. Kita harus mencatat semuanya dengan baik agar tidak lupa. Karena selain iCloud, dalam pengunduhan dan pembelian aplikasi, lagu, atau video menggunakan Iphone kita akan selalu diharuskan memasukkan kata sandi dan menjawab pertanyaan rahasia.

3. Operator terbuka

Pastikan Iphone yang kamu beli sudah FU atau Factory Unlocked yang artinya Iphone kamu dapat dipakai di negara mmanapun dengan Operator manapun. beberapa orang mungkin membeli Iphone di luar negri yang Iphone mereka telah dibundling dengan Operator tertentu tanpa bisa mengganti kartu. Iphone yang simcardnya Locked atau dikunci akan menyulitkan kita jika dipakai dinegara lain. Iphone dengan operator yang di-locked bisa di-unlocked dengan  cara Jailbreak menggunakan software tertentu, tapi tetap saja kita akan disulitkan untuk update software atau pemilihan operator, tentu saja membatalkan garansi. Iphone dengan operator terkunci dan telah dibuka paksa dengan Jailbreak itu disebut SU atau Software Unlocked.

4. Kelayakan

Jika sudah selesai mengecek berbagai hal di atas, sekarang mari kita bicara kelayakan dan penampilan.


  • Cek body apakah masih mulus dan layak pakai
  • Cek kelengkapan, charger, earphone, box dan kitab-kitab
  • Cek back door apakah masih terpasang kuat atau tidak
  • Cek sensor dengan menggunakan untuk menelpon. Tutup bagian atas Iphone dengan tangan saat menelpon, jika layar mati maka sensor Iphone masih bagus
  • Cek tombol power dan tombol home
  • Cek kamera
  • Cek speaker dengan mendengarkan music/menonton video
  • Cek sensitifitas layar dengan mengetik
Dan jika memungkinkan tentu saja cek saat mengisi daya.

Nah, setidaknya itu sedikit yang bisa saya bagikan dalam panduan membeli Iphone berdasarkan pengalaman pribadi saya. Pindah dari Android kemudian menggunakan Iphone memang akan terasa sulit untuk pertama-tama. Jadi saya sarankan untuk memahami perangkat kamu secara perlahan.

Comments

Popular Posts