Nasi Bebek Madura dan Cara membuatnya


Nasi Bebek Madura dan Cara membuatnya

Pernah makan nasi bebek madura? ingin tahu cara buatnya ? Ayo!
ratukuliner.com

Sudah pernah makan Nasi bebek khas Madura belum ?. Ini enak banget lho, asli!. Kenal nasi bebek itu sekitar tahun 2011 mungkin, di daerah cipinang muara. Dulu masih jarang yang jual, makan nasi bebek ya kalau ke Cipinang muara.

Nah sekarang, nasi bebek khas madura sudah menjadi warung waralaba yang terkenal di depok-jakarta dan sekitarnya. Pertama makan saja sudah jatuh cinta, sensasi pedas dan bumbu kaya akan rempah. Ini enak banget, asli, Ini nulisnya sambil kelaperan :D

Karen suatu hari nanti saya berharap bisa membuat sendiri kuliner khas Madura ini, jadi sekarang share resepnya dulu saja yak. Resep dan gambar dari Ratu Kuliner  :)

Bahan-Bahan:

1 ekor bebek, potong sesuai selera
600 gram beras pulen pilihan
4 lembar daun jeruk purut
2 batang serai, memarkan
2 sendok makan air jeruk nipis
500 ml air bersih

Bumbu Halus :


3 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, iris halus
8 buah bawang merah
5 siung bawang putih
8 butir kemiri
3 cm lengkuas muda
2 cm jahe
3 cm kunyit
2 sendok teh garam
2 sendok teh ketumbar, sangrai
1/2 sendok teh merica, sangrai
2 sendok makan gula merah
Cara membuat:
1. Pertama cuci potongan daging bebek dengan air bersih kemudian tiriskan supaya sisa airnya menyusut.

2. Kemudian lumuri permukaan dagingya dengan air jeruk nipis hingga merata sambil diremas-remas agar mudah meresap.

3. Berikutnya letakan daging bebek kedalam wadah bertutup kemudian simpan kedalam lemari es kurang lebih selama 30 menit, cuci kembali.

4. Selanjutnya campur potongan daging bebek dengan bumbu yang sudah dihaluskan lalu aduk hingga tercampur rata, diamkan minimal 60 menit.

5. Lalu masukan daging bebek berbumbu kedalam panci kemudian tuangi air dan masak dengan api sedang hingga mendidih atau meletup-letup.

6. Kecilkan api kompornya lalu masak kembali hingga daging bebek terasa empuk, bila perlu silahkan tambahkan air panas secukupnya saja.

7. Segera angkat daging bebek dari panci kemudian dinginkan dalam suhu ruangan kemudian pisahkan atau sisihkan dari sisa bumbu yang melekat.

8. Goreng daging bebek dalam minyak panas dalam jumlah banyak hingga kulit luarnya terlihat kering dan matang secara sempurna.

9. Saus: tumis bumbu yang sudah dipisahkan dari daging bebek hingga harum lalu tuang sisa air rebusannya dan masak sampai mengental.

10. Nasi: cuci beras hingga bersih kemudian masak dengan cara dikukus atau gunakan saja rice cooker hingga matang dan terasa pulen.
11. Siapkan piring saji lalu tambahkan nasi dan bebek goreng diatasnya kemudian segera hidangkan bersama dengan saus dan sambal kesukaan anda.

Tips: jika menggunakan panci presto cukup masak potongan bebek berbumbu kurang lebih selama 30 menit dan dihitung sejak panci mulai berdesis.

Taaadaaaa berikut Nasi bebek madura dan resepnya, wajib coba yaa :)

Comments

Popular Posts