Fahombo, Lompat Batu Tradisi Suku Nias.

Fahombo, Tradisi lompat batu Suku Nias - Travel . kompas . com

Suku Nias, yang bermukim di Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Indonesia ini memiliki Tradisi yang cukup terkenal, bahkan mendunia. Yakni, Fahombo. Fahombo adalah Olahraga Tradisional dari Suku Nias. Fahombo, dalam bahasa Indonesia berarti Lompat Batu. 

Fahombo, merupakan ritual Pendewasaan bagi para lelaki dari  Suku Nias. Seorang lelaki dari Suku Nias dianggap telah dewasa jika sudah bisa melakukan Fahombo. Mereka akan dikatakan sebagai lelaki pemberani dan dapat ikut berperang juga menjadi dewasa dan siap menikah jika sudah bisa melalui tradisi ini.

Ritual Fahombo sendiri bagi orang biasa akan terlihat sulit, karena harus melompati bangunan batu setinggi 2 Meter dengan ketebalan 40 Cm, pelompat tidak hanya harus melompati batu itu, tetapi juga harus memiliki tehnik khusus agar saat mendarat pelompat tidak cedera atau patah tulang.

Pada jaman dahulu, diatas papan batu bahkan ditancapkan paku atau bambu runcing. Sebagai tanda betapa seriusnya ritual ini. Kini, karena peperangan telah berakhir, Fahombo tetap dilestarikan menjadi budaya bagi Masyarakat Suku Nias. Dan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melihat secara langsung Tradisi Fahombo atau Lompat Batu dari Suku Nias yang terkenal itu.

Comments

Popular Posts