Menyegarkan Diri Di Pura Tirta Empul, Bali, Indonesia.

Image
Pemandian Tirta Empul - Rentalmobilbali . net

Pura Tirta Empul adalah salah satu objek wisata yang terkenal di Bali. Berlokasi di Kecamatan Tampak Siring, Pura Tirta Empul banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Seperti pura-pura lainnya, Titra Empul juga warisan sejarah yang kini terus dilestarikan oleh masyarakat Bali.

Pura Tirta Empul adalah pura yang memiliki pemandian didalamnya. Air yang mengalir dipemandian ini berasal dari mata air yang memiliki sejarah sendiri bagi umat Hindu. Ada ritual khusus di Pura Tirta Empul ini, yaitu ritual mensucikan diri. Umat Hindu percaya, jika mandi di dalam air kolam ini adalah proses membersihkan diri. Itu kenapa banyak orang mandi sambil berdoa.

Nama Tirta Empul sendiri berarti mata air suci, atau air suci yang menyembul dari dalam tanah. Ritual mensucikan diri di Pura Tirta Empul disebut Melukat. Mereka yang ingin mengikuti ritual ini harus antre, sebelum menceburkan diri dikolam biasanya mereka akan melakukan sembahyang dahulu kepada Dewa. Lalu berendam dan membasuh wajah secara perlahan.

Masuk ke dalam Pura Tirta Empul harus menggunakan sarung, seperti beberapa objek wisata yang lain. Berletak di Tampak Siring, Pura Tirta Empul sering kali menjadi tempat singgah, setelah wisatawan mengunjungi tempat wisata lain.

Pura Tirta Empul sebaiknya menjadi list kunjungan anda yang sebaiknya tak anda lewatkan saat berkunjung ke Bali. Selain terkenal dengan ritual mensucikan diri, di dekat Pura Tirta Empul juga ada sebuah Istana Presiden yang dibangun pada masa kepemimpinan Presiden Sukarno. Kini, Istana Presiden di Tampak Siring ini menjadi persinggahan bagi tamu-tamu penting.


Comments

Popular Posts