Pesona Surga, Raja Ampat.


Image
Gugusan pulau kecil di Kepulauan raja ampat - rajaampat . biz

Kepualauan Raja yang berada di Provinsi Papua Barat telah menjadi salah satu spot Diving terbaik di Dunia. Keindahan alamnya dan kelengkapan flora dan fauna di Kepulauan ini juga adalah yang terlengkap di Dunia.

Raja Ampat, adalah Kepulauan yang terdiri dari 4 pulau besar, yakni Pulau Waigeo, Pulau Salawati, Pulau Misool dan Pulau Batanta. Dari beberapa penelitian Kepulauan Raja Ampat disebutkan memiliki 75% dari spesies karang yang ada di dunia.

Beberapa spot di Kepulauan ini yang memiliki spot terumbu karang yang terbaik adalah selat Dampier yakni selat diantara Pulau Wigeo dan Batanta, Kepulauan Misool Tenggara, Kepulauan Kofiau dan Kepulauan wayag, umumnya perairan di Pulau tersebutn memiliki terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya.

Banyaknya spesies hewan laut di Kepulauan ini membuat aktifitas menyelam menjadi sangat menakjubkan, karena tidak jarang kita akan dikeliling oleh ribua spesies ikan. Karena memiliki banyak gugusan pulau kecil dan banyak selat, membuat sebagian besar wilayah menyelam dalam waktu tertentu memiliki arus yang kencang, hal ini memungkinkan penyelam melakukan penyelaman mengikuti arus air yang jernih diantara ikan-ikan.

Transportasi menuju Kepulauan ini sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja mungkin membutuhkan banyak waktu dan biaya yang cukup mahal. Mengunjungi Raja Ampat menggunakan jalur udara, bisa menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta maupun Bali menuju Sorong, Papua. 

Sesampainya di Bandara Domine Eduar Osok di Sorong, anda harus melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Sorong. Untuk menuju Pelabuhan Sorong, jarak dari Bandara ke Pelabuhan Sorong tidak terlalu jauh, anda bisa menggunakan pilihan kendaraan bermotor yang tersedia dari Bandara menuju Pelabuhan Sorong,  selanjutnya perjalanan dilanjutkan menggunakan jalur laut.

Dari pelabuhan di Sorong, perjalanan akan dilanjutkan menuju Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat yang terletak di Pulau Waigeo Selatan Kepulauan Raja Ampat. Dari Pelabuhan Sorong ada dua pilihan transportasi kapal yang tersedia, yakni kapal cepat dan kapal lambat yang memiliki jadwal masing-masing. Menggunakan kapal cepat, lama perjalanan sekitar dua jam, dan 4 jam menggunakan  kapal lambat.

Sampai di Waisai, ini mungkin baru awal penjelajahan anda di Kepulauan Raja Ampat ini. Dan mungkin biaya terbesarnya adalah saat anda berada di Raja Ampat. Karena menjelajah di Kepulauan ini memerlukan biaya yang cukup tinggi, mencapai jutaan rupiah. Besar biaya tergantung negosiasi anda dengan pemilik Kapal. Dan umumnya, penginapan yang berada di Kepulauan Raja Ampat, memiliki penyewaan kapal sendiri. Untuk menghemat harga, pastikan anda membawa rombongan agar harga dapat dibagi menjadi lebih terjangkau.

Lamanya perjalanan, dan mahalnya harga yang dibayar akan lunas ketika sudah sampai di Kepulauan ini. Raja Ampat adalah Kepulauan di Indonesia yang memiliki Pesona Surga dan Kekayaan alam bawah laut yang luar biasa. (R/berbagai sumber)

Comments

Popular Posts