Jangan Nyerah

Image


Jangan Nyerah !

Menarik kembali waktu sekitar tiga sampai tahun lalu, membuat kita merasa seperti melihat dari masa depan. Seperti evaluasi diri, dan evaluasi diri itu penting. Bukan hanya melihat kembali apa yang sudah dilewati. Tetapi juga melihat apa yang sebenarnya sudah kita dapatkan.

Masa muda dan aku tidak ingin menyerah begitu saja. Meski sudah sangat terlambat, mungkin, untuk menjadi seperti apa yang aku inginkan. Tapi, aku tidak ingin menutup kemungkinan. Aku tidak bisa membayangkan, bagaimana jika dulu Eminem menyerah, Linkin Park menyerah, Naruto menyerah, Ikimono Gakari menyerah, atau bahkan jika dulu G-Dragon menyerah, aahhhh~~~~ Sakura pasti jatuh tanpa indahnya suara Kiyoe, Kesedihan pasti semakin menjadi tanpa kuatnya Eminem dan Linkin Park.

Masa untuk menjalani hidup yang lebih baik. Menjadi pribadi lebih baik dan berguna, setidaknya untuk diri sendiri. Karena kadang, seberapapun berguna-nya kita untuk sekitar, belum tentu orang lain beranggapan sama. Entah, karena kita memang kurang berguna, atau ego orang lain terlalu besar hingga menutupi sebagian cara pandang mereka. Skip. Itu sama sekali gak penting. Jangan mengambil terlalu banyak porsi dari cara pandang orang lain. Useless. Hanya lakukan yang terbaik.

Kembali, melihat waktu tiga sampai empat tahun yang lalu. Lihat, apa yang kita kerjakan dulu? Apa yang kita usahakan dulu?. Jika kamu lahir disekitar tahu 90'an percayalah, ini masa dimana kamu ambil kendali. Kamu pahlawan, kamu idola, kamu adalah segala yang kamu mau sekarang. Tetapi, tergantung dari apa yang kamu usahakan dan kerjakan dulu.

Masa muda ini sangat penting, meski kita ingin mengambil semua kesenangan di dunia. Percayalah, di dunia ini tidak ada yang gratis. Kecuali, kamu cukup 'spesial' untuk membuat orang lain membayar setiap kesenangan untukmu. Kita harus berfikir lebih realistis lagi, jika kamu masih belum menanam, apa yang akan kamu petik. Tiga sampai empat tahun di depan (masa sekarang) kamu akan menyesali banyak hal.

Kenapa tidak berusaha lebih keras? Kenapa tidak mencoba lebih banyak? Kenapa tidak sedikit rendah hati? Kenapa tidak? yang banyak lagi. Jangan membiarkan masa depan lewat di depan matamu sambil berpesta!. 

Jika kamu masih punya waktu, gunakanlah dengan baik. Setidaknya buat pikiranmu lebih rasional dibanding terjebak pada delusi. Pecahkan gelas biar ramai, tabuh genderang sebelum perang. Itu semua berguna untuk memacu semangatmu lebih baik lagi. Jangan menyepelekan masa ini, karena masa yang akan datang benar-benar bukan hal yang sepele.

Aku hanya tidak mau, satu generasi membangun parit. Dan semua generasi terkubur di dalamnya. Padahal mereka mampu untuk mengubur kembali parit itu apalagi hanya sekedar membangun jembatan agar generasi lain dapat melaluinya, tanpa terjatuh.

Tidakkah kita belajar dari apa yang orang lain alami, kehidupan mereka tidak membaik seiring waktu. Kekurangan,Pertengkaran, Perasangka buruk, Kelakuan buruk, mungkin sebagian orang bilang ini tidak ada hubungannya, tapi percayalah, hal-hal kecil itu membuat kita tidak bahagia. Ada yang harus dilakukan untuk merubah sesuatu. Diam, hanya menghabiskan siang dan malam. Bukan merubah mereka. Tidak perlu merubah banyak hal sekaligus, hanya rubah cara pandangmu. Dan itu akan membantumu merubah banyak hal.

Meski akhirnya kita merasa telah mencoba banyak hal, sama sekali tak membuang waktu, semua kau curahkan untuk masa depan, tapi kau masih saja tertinggal, itu bukan waktunya untuk marah. Tapi waktunya untuk melihat kembali, benarkah kita sudah bekerja selelah itu? Benarkah kita sudah berlari secepat itu?. Kalau memang sudah, setidaknya kita mencoba. Disinilah, dimana cara pikir mu akan menyelamatkanmu, setidaknya perasaanmu.

Lakukan apa yang bisa kamu lakukan sekarang. Ambil banyak kesempatan dan mencoba lebih banyak lagi. Kalahkan dirimu yang mengekang kemauanmu, yang menghambat langkahmu dengan banyak hal yang kebanyakan tidak nyata. Mencoba tidak seburuk itu. Aku bahkan melewati apa yang tidak dapat orang lain bayangkan untuk bertahan hidup. Hal gila dapat terjadi pada siapapun di dunia ini.

Jangan menyerah untuk membuat masa depan yang lebih baik. Lebih baik bagi dirimu, keluargamu, dan orang-orang yang kau cintai. Bukannya perih, melihat orang yang kau cintai ikut menderita bersama mu?.


Dan kamu yang tidak menyerah, terimakasih. Entah kamu berhasil mendapatkannya atau tidak. Tapi kamu adalah orang yang besar dan terus akan membesarkan orang-orang besar lainnya. Kamu telah membuat masa depan menjadi lebih baik bagi dirimu dan orang-orang yang berharga bagimu.

Comments

Popular Posts