Sekilas Tentang Epik High

image




image

Sekilas Tentang Epik High


Berhubung Epik High datang ke Jakarta untuk mengisi festival WE THE FEST Ismaya Live, jadi ayo kita bahas sedikit tentang mereka (versi saya saja yaaa :D). Jadi siapa si Epik High yang bikin saya jerit-jeritan itu...

Nah, Epik High itu grup hip hop alternatif asal Korea Selatan. Kalau denger Korea mungkin identik dengan Kpop dan Boygrup atau Girlgrup. Tapi trio ini mengusung genre berbeda yakni hip hop. 

Anggotanya Tablo, dia rapper, Mithra Jin dia juga rapper, kurang tahu juga sih, ada posisi tersendiri atau enggak, misal main rapper atau lead rapper. Yang saya tahu mereka berdua nge-rapp dan  Dj Tukutz dari namanya julukan namanya kita tahulah yaa :D

Pertama kenal sama Epik High itu denger lagu mereka yang 'One', tapi itu juga bisa dibilang telat banget. Karena 'One' rilis tahun 2008 dan saya baru denger tahun 2012/13. Tapi meski telat, insting di kuping langsung bilang kalau warna musik mereka itu 'gue banget'.

Awal karir Epik High itu tahun 2003, sempat akan menyerah karena kedua album sebelumnya mereka mendapatkan hasil yang kurang bagus, dan sempat menyatakan jika album ketiga mereka Swan Songs akan menjadi album terakhir, tapi pada akhirnya album ketiga mereka membawa hasil yang menggembirakan.  Single 'Fly' dan 'Paris' di album ini menjadi hit yang menduduki chart nomor 1 di berbagai tangga lagu Korea.

Setelah perjalanan panjang dengan karir mereka dari tahun 2003, Epik High juga mengalami jatuh bangun di industri musik, kita tahu sendiri jika musik hip hop masih kurang di terima, mungkin karena kenyataan di nyanyikan dengan begitu gamblang. 

(Disini saya tidak bisa menceritakan lebih banyak karena meski judul tulisan ini adalah Sekilas Tentang Epik High, nyatanya menulis mereka itu bukan hal yang mudah karena keterbatasan pengetahuan saya juga banyak nya jenjang karir mereka. Jadi jika ingin tahu lebih banyak silahkan baca full version nya disini )

Epik High hiatus selama tiga tahun sejak 2009 hingga 2012, menjalankan wajib militer. Tapi dari situ terungkap jika Mithra dan Dj Tukutz sudah tidak lagi berada dibawah naungan agensi lamanya, Woollim Entertainment. Dan pada tanggal 25 Juli 2012, YG Entertainment mengumumkan jika Epik High akan comeback pada bulan Oktober sebagai sebuah grup (Anggota lengkap, termasuk Tablo)

image

Nah, mulai mengenal Epik High itu sejak mereka gabung di YG mungkin ya, tapi dari situ juga tidak tahu cukup banyak. Lagu pertama yang mereka rilis setelah vakum adalah 'It's Cold' feat Lee Ha Yi, terkenal dengan nama Lee Hi, yang juga menjadi bagian dari YG Entertainment. Dan diikuti oleh lagu 'Up' featuring Park Bom 2NE1, 'Don'T Hate Me', dan album mereka yang berjudul '99'

Mulai mengenal sisi romantis Epik High dengan album '99' mereka dalam lirik dan nada yang mereka buat. Dan 'It's Cold' lebih dari cukup untuk membuat hati meleh. Juga 'New Beautiful' yang begitu menarik ditelinga (agak susah menjelaskannya, karena saya menyukai musik mereka dan bagi saya musik mereka berbeda)

Merayakan hari jadi Epik High yang ke 10 pada tahun 2013, mereka merilis singel berjudul '420' dalam lagu ini mereka berkolaborasi dengan banyak penyanyi lain. Dan pada tanggal 18 Mei 2014 Epik High merilis lagu 'With You' featuring Bibi Zhou , yang merupakan recycle dari lagu 'Fool' dari album mereka sebelumnya.


image

Ditahun yang sama akhirnya Epik High kembali dengan album baru mereka 'Shoebox', dalam lagu 'Born Hater' salah satu lagu utama di album ini , Epik High kembali berkolaborasi dengan banyak musisi, diantaranya Song Min Ho dari Winner, juga B.I dan Bobby dari iKon, lagu tersebut seharusnya dirilis lebih dulu dengan MV nya diputuskan untuk ditunda karena insiden 'Pangyo Techno Festival' atau 'Tragedi 1st Pangyo Techno Festival'

Tidak kalah dengan 'It's Cold' atau 'With You' lagu dalam album 'Shoebox'  yang juga sangat mudah menarik perhatian telinga adalah 'Spoiler' dan 'Happen Ending' yang menampilan Kim Jisoo menjadi model MV mereka, sebelum Kim Jisoo debut dengan Blackpink.

Itu sedikit garis besar tentang Epik High, mereka juga mengalami beberapa pencekalan lagu (bisa di baca di link Wikipedia diatas), karena lirik lagu mereka. Sama seperti yang di alami banyak musisi hip hop lain.




Comments

Popular Posts