[Tips&Triks] Cara Mengganti Template Blog Pada Blogspot Sesuai Dengan Keinginan Kita

image

Template blog adalah salah satu faktor penting dalam membangun sebuah blog. Di Blogspot misalnya, subdomain yang disediakan oleh Google secara gratis ini memberikan cukup banyak pilihan template blog, tetapi kadang kita masih merasa kurang dengan tampilan Blog kita.

Selain menggunakan template gratis bawaan blog, kita juga bisa menggunakan template yang disediakan oleh pihak ketiga yang bisa kita dapatkan secara gratis. Kita bisa mencari template yang sesuai dengan keinginan kita di situs-situs penyedia template blog. Kita bisa mendapatkan banyak template gratis yang dapat disesuaikan dengan keinginan kita, ada juga template premium yang berbayar dengan tampilan yang pasti lebih menarik.

Cara mengganti template blog bawaan menggunakan template blog pihak ketiga yang telah kita download sebenarnya cukup mudah, kita tinggal login ke Blogger Dashboard lalu klik Theme/Tema tampilannya akan seperti dibawah ini :


image


Lalu klik pada bagian yang telah diberi tanda panah


Setelah itu akan muncul jendela seperti diatas, kamu bisa klik download untuk menyimpan template yang telah kamu gunakan sebelumnya. Untuk mengganti template pihak ketiga, silahkan klik pilih file. Lalu upload file dari template yang telah kamu download.

File yang di upload adalah versi .xml , jadi setelah download tema kamu harus meng-ekstrak dahulu tema yang kamu download, lalu ambil file tipe .xml untuk di upload ke dalam blog kamu.

Jika file yang kamu upload berhasil, maka template blog kamu telah berubah. Untuk mengoptimasi beberapa widget agar sesuai keinginan kamu dapat mengaturnya di 'Tata Letak' di bagian dashboard blog kamu.

Begitulah cara sederhana mengganti template blog, tentu saja kamu dapat merubah banyak hal di blog agar sesuai dengan keingan kamu, semoga bermanfaat! [re-image]




Comments

Popular Posts