Menentukan Apa Yang Kita Cintai

flowers


Ada banyak hal di dunia ini. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di dunia ini. Ada banyak hal yang dapat membuatmu jatuh cinta di dunia ini. Nyatanya, cinta kadang tidak selalu mengenai perasaan untuk manusia, tetapi untuk hal-hal yang kita sukai.

Melakukan hal yang kita sukai akan menimbulkan perasaan lega dan bahagia tersendiri. Memotret, menulis, jalan-jalan bahkan makan jika itu adalah sesuatu yang kita suka. Itu dapat meringankan hati, bahkan berbelanja dan mengumpulkan barang bekas atau antik juga begitu.

Maka jangan heran, kadang setiap orang memiliki hal-hal yang mereka sukai sendiri dan melakukannya dengan teratur. Meski itu kita anggap aneh sekalipun.

Jadi apa yang kamu sukai?

Aku menyukai banyak hal. Aku menyukai memotret, menulis, membaca, musik, merek, coding, makan dan banyak lagi. Dapat dibilang aku menyukai terlalu banyak hal. Hingga membuatku bingung sendiri, apa yang harus aku lakukan?. Aku tidak mungkin fokus dalam semua hal itu.

Tapi, akhirnya aku berfikir tak mungkin aku terus beragu-ragu dalam diriku. Jika aku menyukainya, akan aku lakukan kapanpun aku mau dan aku bisa. 

Meski menyukai berbagai hal, nyatanya aku mungkin memang hanya dapat menyukainya saja. Karena dalam beberapa bidang aku sama sekali tidak memiliki kemampuan. Meski suka melihat coding dan design, dan menganggap mereka keren tapi aku sama sekali nol besar dalam kedua hal itu.

Bahkan mencintaipun harus ditentukan?

Yah, kurasa begitu. Karena saat kita telah menentukan apa yang kita cintai, kita akan fokus dalam hal itu. Dan fokus akan menghasilkan progress dan progress akan menghasilkan perubahan. 

Ada banyak hal didunia ini yang harus dicoba, tapi manusia kadang tak memiliki waktu. Setidaknya, dengan menentukan kita dapat menikmati salah satu hal yang berharga untuk kita dengan total. Dibanding terus membagi pikiran dan hati dan terus menerus mengeluh karena tak dapat melakukan semuanya.

Kau tahu?

Ada banyak manusia yang dikenal sebagai fotografer, penulis, musisi, seniman, desainer, juru masak, pengusaha, programer dan banyak lagi. Tapi sepertinya tidak ada manusia yang dikenal karena mahir dalam melakukan semua hal itu?

Lihat? Cinta juga butuh penentuan.



Comments

Popular Posts