Beginners : Cara Merawat Kulit Wajah Agar Sehat Dan Cantik Berseri


Merawat Kulit Wajah Agar Sehat Dan Cantik Berseri


spa mawar | rerain
rose spa - azernews

Kulit wajah memerlukan perhatian khusus dibanding kulit lainnya. Selain karena karakter kulit wajah yang lebih sensitif, kulit wajah juga menjadi kesan pertama saat orang lain bertemu dengan kita.


Banyak orang befikir jika definisi kulit wajah yang sehat dan cantik itu pasti putih. Itu kenapa banyak produsen perawatan wajah yang mengklain produk mereka dapat memutihkan wajah. Dan parahnya, konsumen terkadang mudah sekali tergiur perawatan untuk memutihkan kulit wajah tanpa mengetahui dulu kandungan dari produk tersebut. Yang menjadikan begitu banyak produk berbahaya masih beredar dipasaran.

Umumnya produk berbahaya itu memberikan efek instan karena kandungan keras dalam produk mereka. Hingga konsumen akan dengan mudah percaya dan membeli kembali produk tersebut. Dampak penggunaan kosmetik berbahaya baru akan terasa setelah beberapa bulan pemakaian atau saat berhenti menggunakan produk tersebut. Karena kebanyakan produk tersebut memberikan efek ketergantungan, hingga wajah akan segera break out saat berhenti menggunakan produk perawatan wajah yang berbahaya tersebut. Atau jangka panjangnya yang paling menyeramkan bisa  menjadi kanker.

Selain itu, saat membeli perawatan wajah kebanyakan orang masih bertanya, 'Apakah cantiknya permanent?' 'Apakah bisa putih permanent?'. Please, no ... gak ada yang namanya permanent. Baik perawatan wajah mahal atau murah, aman atau berbahaya. Tidak ada hasil yang permanent, jika hanya membeli beberapa kali dan berharap wajah tetap putih, sehat, mulus dan cantik berseri selamanya.

Perlu diperhatikan bahwa perawatan wajah adalah rutinitas. Jadi bukan sekali pakai. Bayangkan jika kita merawat wajah untuk beberapa kali lalu meninggalkan perawatan itu, sama saja kita meninggalkan rumah untuk beberapa hari atau minggu, apakah rumah masih bersih? Tentu tidak.

Perawatan wajah adalah hal yang harus dilakukan secara rutin dan teratur untuk memberikan hasil yang maksimal. Mereka yang memiliki kulit wajah cantik dan sehat tidak tergiur oleh perawatan yang kilat atau permanent, mereka merawat wajah mereka setiap hari dengan produk yang jelas bahan bakunya.

Satu lagi, perawatan wajah itu berbeda dengan make up. Perawatan wajah adalah produk untuk merawat kulit, misal kulit kering, kulit berjerawat atau berminyak. Juga meliputi produk pembersih dan pelembab wajah. Sedangkan make up, itu seperti peralatan seni untuk menggambar wajah kita, meliputi lipstick, eyeshadow, blush on dan sebagainya. Jadi make up dan perawatan wajah itu benar-benar berbeda.

Untuk memiliki wajah sehat dan cantik berseri, sebelum make up, umumnya kita melakukan perawatan. Dan tahap rangkaian perawatan wajah dimulai dari pembersih, toner, pelembab dan protection.

fresh water rerain
Fresh Water - Insider Monkey

Kita mulai dari pembersih,

Pembersih wajah bisa berupa, facial foam atau sabun cuci muka, cleansing gel, milk cleansing, atau pembersih lain yang diaplikasikan menggunakan kapas. Membersihkan wajah adalah tahap awal dari semua jenis perawatan wajah atau bahkan sebelum make up. Karena wajah yang bersih pasti sehat.

Rangkaian membersihkan wajah jika menggunakan lebih dari satu tipe produk, gunakan lebih dahulu pembersih wajah yang menggunakan kapas baru dilanjutkan menggunakan sabun pencuci muka.

splasj orange fruit a| rerain
Splash orange fruit - allswalls

Setelah wajah bersih, gunakan toner.

Banyak orang yang masih mengabaikan cairan penyegar atau toner. Padahal toner, memiliki khasiat yang sangat baik untuk kulit. Toner sendiri selain berfungsi untuk menyegarkan wajah juga berfungsi untuk menenangkan kulit hingga kulit terasa lebih rileks dan menjadi lapisan pelembab kulit yang pertama.

Dipasaran, ada beragam jenis toner. Mulai dari toner produksi produsen perawatan wajah ternama atau toner berbahan alami yang dapat kita buat sendiri.

milk spa | rerain
Milk spa - massageandcompanyspa

Setelah menggunakan toner, sebaiknya gunakan pelembab.

Yap, pelembab wajah adalah salah satu perawatan wajah yang sangat penting selain pembersih. Pelembab akan menjaga kulit agar tetap sehat dan tidak kering. Selain itu, pelembab juga dapat menutrisi kulit atau menghilangkan noda pada kulit wajah, yang tentu tidak instan karena fungsi utamanya adalah melembabkan.

Pastikan untuk menggunakan pelembab yang cocok dengan jenis kulit kita, karena banyak sekali produk pelembab yang beredar dipasaran.

sumer relax | rerain
summer relax - allseated

Terakhir, setelah pelembab gunakan tabir surya.

Tabir surya bukan hanya penting untuk kulit tubuh tetapi juga untuk kulit wajah. Meski beberapa pelembab mengklaim mereka memiliki perlindungan dari sinar uv-a atau uv-b tetapi fokus mereka adalah melembabkan kulit. Sebaiknya gunakan juga tabir surya khusus untuk kulit wajah agar kulit wajah terlindung dengan maksimal, terutama untuk kamu yang beraktifitas langsung dibawah sinar matahari.

Pembersih, pelembab, penyegar dan tabir surya adalah perawatan rutin yang sebaiknya dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi pastikan untuk menggunakan produk yang benar-benar cocok dikulit dan jika sudah menemukannya sebaiknya menghindari menggonta-ganti produk tersebut untuk mengurangi resiko tidak cocok dengan produk lain.

Selain keempat perawatan tersebut, kamu bisa menambahkan perawatan lain yang dapat kamu cocokan dengan rangkaian tersebut dan jenis kulit. Contohnya masker, bb cream atau day dan night cream yang penting jelas jika produk tersebut aman.

Rangkaian perawatan wajah tersebut dapat digunakan untuk rutinitas sehari-hari. Untuk malam, kamu bisa mulai dengan membersihkan wajah lalu menggunakan pelembab atau toner atau night cream. Selain itu kamu juga dapat menggunakan masker yang biasanya dipakai saat tidur untuk memberikan hasil yang maksimal.

Merawat kulit dengan rutin dan teratur adalah jawaban untuk merawat kulit berminyak, merawat kulit berjerawat, kulit kusam, membuat wajah lebih putih dan bersih bahkan untuk mengurangi komedo.

Penting diingat jika kulit cantik dan sehat berseri tidak dimiliki dengan perawatan sehari dua hari, tetapi perawatan rutin yang memang dibutuhkan kulit kita, untuk menutrisi kulit kita hingga kita memiliki kulit yang sehat dan cantik berseri seperi apa yang kita idam-idamkan.

Rerain




Comments

Popular Posts