Kopi & Kreatifitas Kini Menjadi Seni Yang Memiliki Banyak Peminat



Kopi & Kreatifitas Kini Menjadi Seni Yang Banyak Digemari




Kopi, sejak dulu telah dikenal sebagai minuman yang umum ditemui dan memiliki banyak penggemar diseluruh dunia. Selain gampang dijumpai dan relatif mudah dibuat, Kopi, juga memiliki rasa yang khas, yang membuat beberapa orang bahkan merindukannya. Selain karena faktor diatas, Kopi, juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan antara lain untuk menurunkan resiko terkena penyakit Diabetes, Kanker, Batu Empedu juga berbagai penyakit Jantung. (Wikipedia)

Di Indonesia sendiri, Kopi, menjadi salah satu minuman yang banyak digemari orang. Hampir setiap rumah, saat kita bertamu, kebanyakan akan menawari kita untuk minum kopi. Selain itu, Indonesia juga dapat memproduksi Kopi lebih dari 400 Ribu Ton per/ Tahun.

Kopi, pada masa sekarang bukan hanya minuman yang memiliki banyak cerita dan manfaat. Tapi juga telah menjadi salah satu seni dan gaya hidup. Berbagai olahan minuman berbahan dasar Kopi, telah mudah ditemui dibanyak kedai minuman. Seiring perkembangan jaman, maka cara pengolahan dan penyajian Kopi juga terus berkembang.

Latte Art - Mojo Coffee

Salah satu Seni Kopi yang populer tahun-tahun belakangan ini adalah Latte Art. Latte Art, adalah seni kopi dengan menuangkan susu kedalam cangkir espresso yang menghasilkan desain sedemikian rupa pada permukaan Latte. Pada dasarnya, Seni menggambar Kopi Latte ini cukup sulit dilakukan karena baik atau tidaknya hasil Latte Art ini bukan hanya bergantung pada kemampuan Barista, selaku Seniman Kopi, tetapi juga dari kualitas yang dihasilkan oleh mesin espresso.

Di beberapa negara, termasuk Indonesia, Seni Latte ini bahkan memiliki kompetisi sendiri. Kompetisi menghias Kopi ini bukan hanya digelar skala Nasional saja di beberapa negara. Tetapi juga memiliki kompetisi tingkat Dunia atau Latte Art World Championship yang kemudian menghasilkan Barista Kopi yang handal dan terkenal.

Latte Art, menjadikan Kopi Latte tidak hanya sekedar nikmat, tetapi juga indah. Hingga Kopi dengan Seni Latte cukup digandrungi oleh banyak orang. Bukan hanya oleh mereka, para pecinta kopi, tapi juga banyak kalangan lain yang baru jatuh cinta dengan Kopi karena Latte Art.

Seni Latte, menjadikan Kopi bukan hanya minuman, tetapi Seni yang kemudian mendarah menjadi Gaya Hidup.

Coffe Cup Hand Painted - YoungCampbellAU

Seperti yang telah disebutkan, jika seiring perkembangan jaman maka pengolahan dan penyajian Kopi juga terus berkembang. Tidak hanya berhenti disitu, bahkan cangkir kopi juga kini dapat menarik perhatian. Beberapa orang mungkin berfikir jika, Cangkir Kopi, mungkin hanya sebatas wadah untuk minum kopi, tetapi jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, Cangkir Kopi ini juga memiliki nilai bisnis dan Seni.

Seperti cangkir kopi dalam gambar diatas, cangkir kopi tersebut berwarna hitam polos yang kemudian di cat dengan metode lukis menggunakan tangan. Foto Cangkir Kopi kreatif ini didapat dari Timeline seorang teman yang mengunggah gambar tersebut di halaman Facebook miliknya. Dia bercerita jika Ia membeli Kopi di sebuah Weekly Market di Central Coast Australia.

Itu adalah sisi kreatif lain, jika kini bahkan kemasan kopi juga menarik perhatian. Seperti yang kita tahu, cangkir Kopi Starbucks mungkin adalah Cangkir kopi paling terkenal di dunia. Cangkir kopi Starbucks tidak hanya berfungsi sebagai wadah, tetapi juga branding. Dan kita tahu, jika kekuatan branding ini luar biasa imbasnya untuk sebuah usaha atau perdagangan. 

Menghias cangkir dengan lukisan tangan menjadi cara lain untuk menarik pembeli kopi selain karena Latte Art. Kemasan yang kreatif dan cantik tersebut tentu saja akan menarik hati banyak orang. Selain itu, kita juga mendapat keuntungan lain, yakni Branding. Dan Branding jenis ini adalah branding yang memiliki nilai seni tinggi. Jadi, meski belum bisa membuat cangkir khusus seperti milik Starbucks, kita selalu memiliki cara kreatif lain untuk memiliki cangkir khusus yang menarik.

Pada akhirnya, Kopi, bukan lagi sekedar minuman biasa yang sering kita konsumsi. Dengan Kreatifitas, Kopi menjadi minuman yang bernilai seni tinggi dan memiliki banyak peminat.

Comments

Popular Posts