Ramadhan Akan Datang Sebentar Lagi

blue sky rerain

Ramadhan Akan Datang Sebentar Lagi



Ramadhan, adalah salah satu nama bulan pada kalender Islam, Hijriah. Tepatnya, bulan ke-sembilan. Pada bulan ini, diwajibkan kepada semua umat muslim di seluruh dunia untuk menjalankan Ibadah Puasa.

Bulan Ramadhan ini adalah salah satu bulan yang suci, penuh berkah dan ampunan bagi kami, umat Islam. Itu kenapa dibulan Ramadhan, umat muslim akan berlomba-lomba untuk berbuat baik kepada sesama dan melakukan banyak ibadah.

Bagiku, Bulan Ramadhan adalah bulan yang tidak pernah tertidur. Karena selalu ada yang memanfaatkan setiap menit dan detiknya untuk terus beribadah hingga malam hari. Seperti Shalat malam dan membaca Al-Qur'an.

Selain identik dengan puasa, dibulan Ramadhan ini, kami juga melakukan Sahur, atau makan pada dini hari atau sebelum shubuh, sebelum menjalankan ibadah puasa.

Puasa sendiri, dapat diartikan sebagai 'Menahan Diri'. Menahan diri dari menipu, menahan diri dari hawa nafsu, menahan diri dari marah, menahan diri dari berburuk sangka atau berprilaku buruk dan berkata kasar. Termasuk, menahan diri dari makan dan minum. Meskipun salah satu ibadah wajib untuk umat Islam, tapi puasa Ramadhan juga tidak haruskan bagi mereka yang (maaf) mengalami gangguan mental, hamil, menyusui, menstruasi, lanjut usia atau sakit.

Dan saat matahari telah tenggelam dan ditandai dengan datangnya waktu shalat maghrib. Maka kami diwajibkan untuk berbuka puasa, yakni makan dan minum. Setelah shalat Maghrib dan Isya, maka akan dilanjutkan dengan shalat Tarawih yang biasanya dilakukan secara berjama'ah di Masjid.

Umumnya, setiap negara atau setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri saat menyambut bulan Ramadhan. Terutama, umat muslim di Indonesia yang terdiri dari begitu banyak suku bangsa.

Salah satu tradisi menyambut bulan puasa di kampung kami, suku sunda adalah Munggahan. Biasanya, munggahan dilakukan diakhir bulan Sya'ban, yakni bulan sebelum Ramadhan. Bentuk pelaksanaanya juga bervariasi, mulai dari berkumpul bersama keluarga, makan bersama, saling bermaafan juga berziarah ke makam orangtua. Munggah, berarti 'naik', yang artinya kami naik kepada bulan yang suci dan penuh berkah.

Di Indonesia, tahun ini Ramadhan diprediksi akan jatuh pada tanggal 15 Mei. Meski sekarang masih awal April, tapi beberapa orang telah menyiapkan diri untuk menyambut kedatangan bulan suci itu.

Suasana Khas Ramadhan, akan membuat siapapun rindu jika pernah menemuinya. Itu adalah satu bulan penuh kebaikan. Ramadhan, menyatukan yang terbelah dan membawa pulang mereka yang jauh. Ramadhan membawa anak-anak kembali kepada orangtuanya dan berkumpul bersama keluarga. Dan kabar baiknya, Ramadhan akan datang sebentar lagi.


Rerain


Comments

Popular Posts