Setiap orang bebas untuk tidak menyukaiku, hanya saja . . .


May, 26, 2020 19:47 p.m

Setiap orang bebas untuk tidak menyukaiku. Meski aku berkata begitu, bukan berarti aku tidak peduli. aku mau saja menjelaskan, karena mungkin ketidak-suka'an mereka kepadaku hanya karena salah paham. Tapi aku tahu, beberapa orang hanya ingin mendengar apa yang mereka ingin dengar. Beberapa orang hanya mendengar apa-apa yang cocok dengan narasi mereka. Maka dari itu, aku tidak akan berkeliling untuk menjelaskan diriku.

Aku tahu ini melelahkan. Untuk disalah-pahami sepanjang waktu. Hanya karena caraku, gaya hidupku, berbeda. Ini tidak adil, karena aku juga tidak pernah mempermasalahkan cara mereka atau gaya hidup mereka. Tapi hidup memang tidak adil kan?

Aku hanya tidak ingin mereka mempengaruhi kondisi mentalku secara berlebihan. Perlakuan mereka tentu berpengaruh. Terlebih aku adalah orang yang sangat perasa, cenderung berlebihan. Aku dapat merasakan ketidak-suka'an mereka meski dengan gesture yang sangat halus.

Karena beberapa hal kadang membuatku tertekan, aku berfikir, kenapa aku harus merasa seperti itu?. Mereka yang tidak menyukaiku, bukankah itu seharusnya menjadi masalah mereka? Kenapa aku dipusingkan dengan perasaan mereka?.

Mereka yang tidak menyukaiku, aku tidak benar-benar mengerti. Menurutku, jika kamu tidak menyukai seseorang tanpa sebab, yang bahkan mereka tidak pernah menginvasi ruang gerakmu, tidak pernah menyakitimu, dan jarang sekali berinteraksi denganmu, kurasa kamu punya masalah. Dan kamu membutuhkan pertolongan. Maksudku, kenapa bahkan kau bisa tidak menyukai orang hingga level kalian sama sekali tidak mau melihat wajahnya atau membalas senyumnya tanpa alasan yang jelas? Kamu benar-benar bermasalah.

Karena perasaan tidak suka kalian, mau tidak mau itu mempengaruhi mentalku, mempengaruhi mental orang tidak kalian suka. Mungkin hal ini sepele untuk kalian. Tapi ini benar-benar membuat beberapa orang sepertiku sangat frustasi. Aku berfikir, bagaimana bisa orang yang tidak menyukaiku, pemilik perasaan negatif itu, bisa terus hidup tenang seperti itu, sementara aku yang tidak memiliki perasaan negatif kepada mereka justru harus kesulitan?

Meski kesulitan, pada akhirnya yang selalu bisa aku lakukan adalah terus bertahan dan selalu menjadi lebih kuat lagi. Untuk menepis hal-hal negatif yang kadang terang-terangan mereka tunjukan. Untuk tetap netral, tidak peduli seberapa menyebalkannya perlakuan mereka hingga membuatku mual.

Aku sadar jika aku tidak mempunyai kontrol atas perasaan oranglain. Karena itu, yang bisa aku lakukan hanya terus mengontrol perasaanku, agar hal-hal itu tidak mempengaruhiku terlalu banyak.

Meski kalian memiliki kebebasan untuk tidak menyukai orang lain, tolong usahakan agar itu tidak menjadi beban untuk orang itu. Urus perasaanmu sendiri. Jangankan perasaan tidak suka, bahkan perasaan cintapun dapat membebani orang lain.

Comments

Popular Posts