Rather



2020.08.18  2:55 pm

Aku melihat orang-orang kehilangan,
Aku melihat orang-orang kesepian,
Terlunta-lunta dalam dunia mereka sendiri,
Labirin, yang hanya segelintir orang mengerti dan sangat sedikit orang dapat meloloskan diri.

Kehilangan, seribu kali terjadi pun, mungkin masih akan terasa sama sakitnya.
Tapi meski begitu, apa kau belum pernah mendengarnya?
Rasa kehilangan hanya pantas untuk mereka yang pernah merasa memiliki.
Lalu . . . apakah kau benar-benar pernah memilikinya?
Atau itu hanya perasaanmu saja?

Aku tidak tahu.
Dan sebenarnya aku tidak terlalu peduli.
Setelah banyak kehilangan dan pengkhianatan, aku tak pernah benar-benar peduli kepada orang lain hingga mereka dapat keluar-masuk dalam hatiku begitu saja.
Tidak.
Beberapa orang yang peka, mereka akan melihat dinding tinggi yang aku buat.
Cukup indah dan misterius.

Aku melakukan apa yang ingin aku lakukan,
Apa yang harus aku lakukan,
Aku menghindari hal-hal diluar jangkauanku.
Bukan berarti aku orang putus asa dan tidak memiliki harapan atau semangat hidup.
Hanya saja, aku sedikit lebih baik dalam mengira-ngira kapasitasku,
Aku tak ingin membuat diriku memar untuk sesuatu yang tidak sepadan.

Aku tidak menyalahkan mereka yang masih saja terpaku mengharapkan orang lain untuk peduli.
Menurutku, selagi kamu dapat mengurus dirimu sendiri, kau tidak membutuhkan orang lain untuk melakukannya untukmu, bukan?
Lakukan untuk dirimu sendiri.
Bergantung kepada dirimu sendiri.

Aku tidak mengatakan jika semua hal harus dilakukan sendirian.
Tentu kita membutuhkan orang lain.
Tapi saat kita dapat mengatasi ketergantungan terhadap orang lain, menurutku itu hal yang bagus.
Karena dengan begitu, berarti :
Hal-hal yang menyedihkan,
Hal-hal yang menyenangkan untukmu,
Tergantung pada dirimu sendiri.

Aku hanya tak bisa membayangkan, betapa emosionalnya kita jika hal-hal yang penting untuk kita justru tergantung pada orang lain.
Hal-hal yang berharga untuk kita, hanya kita yang mengerti betapa berharganya itu.
Beberapa orang akan tahu, tapi tidak semua orang akan mengerti.
Dan segelintir orang akan menjaganya, melebihi dirinya sendiri.
Untuk yang terakhir itu, ku kira itu yang pantas untuk dikatakan "Cinta"

Rather than standing here waiting for you to take care of me. I choose to take care of myself. Rather than stay here waiting for you to make me happy. I choose to be happy myself. Unless, you're worth it. Are you really worth it?

Mulai sekarang aku tidak mau bingung lagi.
Sudah banyak waktu yang terbuang, mereka tak akan dapat kembali meski aku memiliki seluruh uang di dunia. Unless, it's all worth it.

Comments

Popular Posts