30'an ?????


Masih suka gak 'ngeh, kalo kelahiran 90an usianya udah sekitar 30an.

Gue yang biasanya bontot, karena main sama “orang gede”, masih suka, “Hah?!! Iya, ya”, usia emang cuma angka, tapi kok banyak juga ya angkanya ahahaha.

Gak kebayang, kepala 3. Kepala satu aja gue migraine mulu si 🥲

Inget gimana tegangnya usia pertengahan 20an, punya banyak ekspektasi, goals, recana, gaya hidup dan lain-lain. Kayak, kelar dunia kalo ekspektasi itu ga sampe, tapi udah mau ke 30an, setelah banyak gagal, banyak jatoh, dunia belum berakhir juga, kek, loh? B aja ternyata ahahaha.

Kalo gue malah cenderung kek apatis, mati rasa. Hari-hari ya udah cuma hari berganti hari aja. Gak ada ekspektasi. Ga ada semangat menggebu-gebu, semua serba wajar, datar, normal.

Tapi emang menurut gue perjalanan yang kita lewatin sebelum sampai di usia ini emang penting banget,kayak, jadi refleksi buat diri kita sekarang. Karena kebanyakan dari kita sudah gak sendiri lagi, beberapa sudah punya anak-anak. Hal-hal yang kita lewati kemarin, akan mempengaruhi pola pikir kita sekarang. Saat kita sudah bukan lagi anak-anak, tapi seorang pengambil keputusan. Kayak, perjalanan, pekerjaan, urusan cinta, keluarga, temenan, sampai hobi kita, itu jadi pelajaran penting buat gue sekarang. Yang justru gue malah bersyukur, “untung gue pernah ngalamin, jadi gue paham”.

Yang terakhir, sesal. 

Kalopun ada sesal yang gue punya sampai di usia gue sekarang, hal yang paling bikin gue nyesel adalah gimana cara gue mengkotak-kotakkan diri gue. Dengan sok idealis, menilai orang lain, memandang tinggi, keren, diri sendiri, dan orang lain ga sesuai standar yang kita buat. Dan karena gue mengkotak-kotakkan diri gue, gue malah stuck. Yang dimana gue seharusnya lebih punya banyak pengalaman, pelajaran, dan sudut pandang, gue ngerasa apa yang gue dapet ga maksimal. 

Dan emang, kalo pernah denger kalimat, “Orang yang paling kuat adalah orang yang bisa beradaptasi”, itu gak bohong. 

Terlalu banyak mengkotak-kotakkan diri kita, jadi sekat atau hambatan buat kita untuk jadi orang yang bisa beradaptasi. Karena kita mikir, kita ini berbentuk, dan bentuk kita ini kotak. Jadi susah kalo kita masuk ke wadah yang bukan persegi. Tapi hidup gak selalu ngasih kita wadah persegi, itu berganti terus setiap waktu. Makanya, emang yang paling kuat adalah orang yang bisa beradaptasi.

Selain itu, selamat menuju usia 30 untuk kalian yang sudah sampai lebih dulu. Sehat-sehat, dan semoga hari-harinya dipenuhi oleh kebaikan. Setiap keputusan yang diambil pasti ada kesulitan dan tanggung-jawabnya sendiri, karena itu, mari kita pilih kesulitan yang mau kita ambil dengan bijak.


Comments

Popular Posts